PEMBUATAN DAN PENGOLAHAN KREATIF PANGAN BERBAHAN TEMPE

Salah satu contoh hasil karya siswa yaitu sempol tempe

SMA Negeri 2 Ungaran sebagai sekolah penggerak sejak tahun pelajaran 2021/2022 melakukan terobosan inovatif dalam proses pembelajaran kokurikuler yang diwujudkan dengan kegiatan proyek. Seluruh peserta didik kelas X mengikuti 3 kali kegiatan proyek dengan tujuan untuk menumbuhkan Profil Pelajar Pancasila dan keterampilan yang disesuaikan dengan tema pada masing-masing proyek. Tema proyek ke-3 adalah kewirausahaan dan profil pelajar Pancasila yang akan ditumbuhkan adalah kreatif, mandiri dan berkebinekaan global.

Peserta didik diberi waktu sejak tanggal 8 sampai dengan 25 November 2021 untuk membuat dan mengolah tempe pada pembelajaran proyek ke-3. Pembelajaran proyek ke-3 dilakukan dengan moda pembelajaran tatap muka di sekolah yang didampingi oleh guru tim proyek dan pembelajaran secara berkelompok di rumah peserta didik. Sekolah memberi fasilitas bahan pembuatan tempe kepada peserta didik berupa kedelai, ragi dan plastik serta petunjuk teknis kegiatan proyek sehingga diharapkan peserta didik dapat menyelesaikan proyek ke-3 dengan baik. Penilaian terhadap peserta didik dilakukan melalui asesmen refleksi awal, asesmen formatif dan asesmen refleksi akhir. Peserta didik diwajibkan menjual hasil olahan tempenya dan menganalisis keuntungan hasil penjualan tersebut. Pada akhir kegiatan proyek, peserta didik mengumpulkan laporan dan sampel produk olahan tempe. Berdasarkan pengamatan, peserta didik menunjukkan sikap antusias dan perkembangan karakter profil pelajar Pancasila selama mengikuti pembelajaran proyek. Hal ini menjadi salah satu tolok ukur keberhasilan inovasi pembelajaran kokurikuler dalam bentuk proyek.

oleh : Fajar Setiawan,M.Pd.

editor : A. Hanifan

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *