Penguatan Pendidikan Karakter Kelas X

Semakin  banyaknya  kasus  yang  menimpa  para  remaja menimbulkan kesan Bangsa Indonesia mulai kehilangan jati dirinya. Di sisi lain, Pancasila  sebagai  ideologi  bangsa  kini  juga  perlahan  mulai  memudar  dari pandangan  hidup  masyarakat  apalagi  didukung  oleh  adanya westernisasi dan banyaknya  budaya  barat  yang  masuk  serta  dapat  dengan    mudah  diakses  dan dijumpai  oleh  siapapun  dan  di  manapun  membuat  semakin  mirisnya  moral bangsa kita.

Remaja sebagai patriot  generasi penerus menjadi sangat penting untuk memiliki kemampuan dalam mengembangkan sikap social. Sikap social pada diri remaja perlu untuk dibentuk dan dilatih mengingat usia remaja merupakan usia labil, pembentukan sikap social pada diri individu dapat dilakukan melalui berbagai cara, baik secara intrakurikuler maupun dalam kegiatan ekstrakurikuler.

Dalam rangka upaya menumbuhkan dan mengembangkan sikap social remaja khususnya peserta didik SMA Negeri 2 Ungaran, team kesiswaan SMA Negeri 2 Ungaran menyelenggarakan program kegiatan “Penguatan Pendidikan Karakter (PPK)” untuk peserta didik kelas X. Tema yang diusung dalam kegiatan PPK tersebut adalah “SMADA berbudaya SMADA berkarakter”, tema yang diusung selaras dengan dengan visi SMA Negeri 2 Ungaran yaitu ”Mewujudkan warga sekolah yang bertaqwa, berbudaya, berprestasi, terampil dan berwawasan lingkungan”

Kegiatan PPK dilaksanakan selama dua hari yaitu mulai tanggal 15 Nopember 2021 sampai dengan 16 Nopember 2021, yang diikuti oleh seluruh peserta didik kelas X. Narasumber yang hadir pada hari pertama dari Koramil memberikan materi terkait dengan wawasan kebangsaan. Diharapkan usai menerima materi tersebut peserta didik mampu memiliki karakter peduli dan mampu menerapkan ideology Pancasila sebagai landasan perilaku dalam hidup bernegara dan bermasyarakat. Hari kedua focus PPK adalah penguatan karakter fisik dan mental di mana kegiatan full dilaksanakan di lapangan. Untuk kegiatan hari kedua SMA Negeri 2 Ungaran menggandeng Babinsa wilayah sekitar.

Melalui program PPK diharapkan karakter profil pelajar Pancasila peserta didik SMAN 2 Ungaran semakin tertanam dan tumbuh kuat. Sebagai sekolah penggerak tentunya menjadi sangat penting tercapainya karakter profil pelajar Pancasila menjamur di lingkungan SMADA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *