E-learning Berbasis Moodle SMAN 2 Ungaran Menuju Digitalisasi Sekolah

Program Sekolah Penggerak bertujuan untuk menciptakan generasi pembelajar sepanjang hayat yang memiliki kepribadian sebagai Pelajar Pancasila. SMA Negeri 2 Ungaran merupakan satu satunya SMA di Kabupaten Semarang yang telah lolos seleksi sebagai sekolah penggerak. Hal ini berimplikasi pada pembelajaran dan penyelenggaraan asesmen hasil belajar peserta didik harus dilakukan secara holistik yang mencakup kompetensi literasi, numerasi dan karakter. Dalam rangka menunjang kesuksesan pembelajaran dan asesmen di SMA Negeri 2 Ungaran sebagai sekolah penggerak, maka Bapak Subroto  selaku kepala sekolah membentuk tim e-learning  yang dikomandani Bapak Fajar Arief setyawan untuk mengembangkan suatu learning management system (LMS).

Merujuk beberapa hasil penelitian  tentang penggunaan moodle dalam pembelajaran daring, maka sangat memungkinkan untuk dikembangkan LMS berbasis moodle, dengan harapan LMS ini mampu memberikan pengalaman belajar dan asesmen kepada peserta didik yang sesuai dengan prinsip pembelajaran di sekolah penggerak. Desain LMS ala SMA Negeri 2 Ungaran dikembangkan menggunakan moodle versi 3.11.1 dengan fitur-fitur sumber dan aktivitas belajar yang bisa dipilih oleh guru, yaitu fitur Assignment, File, Forum, Label, Lesson, Quiz, Survey, URL, dan Workshop. Tampilan fitur-fitur tersebut dapat dilihat pada Gambar berikut.

Gambar. Pilihan Sumber dan Aktivitas Belajar

Pada LMS ini peserta didik  dapat memantau progress dirinya dalam mengikuti proses pembelajaran sehingga dapat melatih mengatur waktu, berinisiatif dan kemandirian belajar. Bagi guru, tampilan keluaran berupa data catatan waktu dan aktivitas peserta didik dalam mengakses web e-learning serta rekap data nilai peserta didik yang dapat diunduh. Admin e-learning adalah kepala sekolah dan tim pengembang kurikulum yang diberi akses untuk mengetahui catatan aktivitas guru dan peserta didik selama pelaksanaan pembelajaran. Hal ini akan mempermudah tugas pengawasan dan evaluasi pelaksanaan pembelajaran oleh kepala sekolah dan tim pengembang kurikulum. Basis data diatur melalui control panel web hosting sekolah dan dibuat menggunakan MySQL dengan nama smanunga_moodle. Alamat web e-learning dibuat dengan subdomain https://sinau.sman2-ungaran.sch.id dengan tampilan login pada gambar berikut..

Gambar. Halaman login

 

Oleh : Fajar Arif Setyawan, M.Pd

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *