Jadwal Ujian Nasional SMA Tidak ada Perubahan

Ujian Nasional Tahun 2017 dilaksanakan dengan menggunakan 2 moda, (1) Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) sebagai media untuk menampilkan soal dan proses menjawabnya dan (2) Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP) dengan mengunakan naskah soal dan Lembar Jawaban Ujian Nasional berbasis kertas dan menggunakan pensil.

Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sejak awal Maret telah mendistribusikan soal dan lembar ujian ke dinas pendidikan yang ada di daerah. Sementara untuk cetak dan distribusi kartu peserta ujian paling lambat pada 24 Maret 2017 untuk SMA Sederajat sedangkan untuk SMP Sederajat paling lambat 25 April 2017.

Ujian Nasional Utama baik UNBK dan UNKP untuk SMK/MAK akan dilaksanakan terlebih dulu yakni pada 3-6 April 2017. dan susulannya pada 18-19 April 2017. Sementara Ujian Nasional Utama untuk SMA/MA akan berlangsung pada 10-13 April 2017 dan susulannya pada 18-19 April 2017.

Mata pelajaran yang diujikan untuk SMA/MA antara lain : Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan satu mapel pilihan sesuai jurusan (IPA/IPS). Sedangkan SMK/MAK; Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan Teori Kejuruan.

Adapun Ujian Nasional utama baik UNBK dan UNKP untuk SMP/MTs dan SMPLB akan dilaksanakan pada 2, 3, 4, dan 8 Mei 2017. Ujian susulannya dilaksanakan pada 22-23 Mei 2017. Mata pelajaran yang diujikan Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan IPA. Sistem dua gelombang (Ujian Utama dan Susulan) tersebut dilakukan untuk mengantisipasi masalah kekurangan komputer.

Sementara itu untuk jadwal UN untuk Pendidikan Kesetaraan Program Paket C Gelombang Pertama dilaksanakan pada 15,16 dan 22,23 April 2017 dengan mata pelajaran sesuai Program IPS dan IPA. Gelombang kedua paket C dijadwalkan pada 7,8 dan 14,15 Oktober 2017. Sedangkan jadwal UN untuk Pendidikan Kesetaraan Program Paket B Gelombang Pertama dilaksanakan pada 13,14, dan 20 Mei 2017 dan Gelombang kedua paket B dijadwalkan pada 7,8 dan 14 Oktober 2017.

Pemerintah Provinsi Banten melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) telah menyiapkan berbagai hal untuk turut menyukseskan Ujian Nasional tahun 2017, baik ujian berbasis pensil dan kertas maupun UN berbasis komputer.

Kepala Dinas Dindikbud Banten E Kosasih Samanhudi menjelaskan, Ujian Nasional merupakan kegiatan pengukuran capaian kompetensi lulusan pada mata pelajaran tertentu secara nasional dengan mengacu kepada Standar Kompetensi Lulusan.

“Tahun ini Ujian Nasional dilaksanakan dengan menggunakan dua moda, yakni Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) sebagai media untuk menampilkan soal dan proses menjawabnya. Moda kedua berbasis Kertas dan Pensil atau UNKP,” ungkap E Kosasih.

Untuk mendukung penyelenggaraan Ujian Nasional, pihaknya telah membuat data base ujian dasar dalam penyusunan rencana kegiatan. Data base tersebut digunakan untuk penyusunan sekolah penyelenggara ujian, pencetakan naskah soal, ijazah, dan SHUN, serta penyusukan kegiatan Ujian Nasional Berbasis Komputer.

Author: 

    Related Posts

    No Response

    Leave a Reply