STUDI TIRU PELAKSANA SEKOLAH PENGGERAK

Ungaran – Studi tiru merupakan konsep belajar yang dilakukan pada suatu institusi yang dianggap lebih kompeten dalam suatu hal dengan maksud peningkatan mutu, perluasan usaha, perbaikan sistem, penentuan kebijakan baru, perbaikan dan peraturan perundangan.  Studi tiru dilaksanakan dengan salah satu tujuan untuk membawa manfaat, meningkatkan sinergi, dan membangun kerja sama antara masing-masing lembaga pelaksana studi tiru.

Rabu, 13 September 2023 – SMA N 2 Ungaran menerima kunjungan dari SMA N 2 Playen Yogyakarta dalam rangka studi tiru, yang dilaksanakan di  Aula MGMP SMA N 2 Ungaran. SMA N 2 Ungaran telah ditetapkan sebagai Sekolah Penggerak mulai tahun pelajaran 2021/2022 dan saat ini memasuki tahun ketiga sehingga SMA N 2 Ungaran menjadi acuan dan sumber referensi bagi SMA N 2 Playen untuk menggali ilmu, pengalaman serta proses pembentukan kebijakan sekolah yang diterapkan dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka.

Kegiatan ini diikuti oleh 60 orang perwakilan dari SMA N 2 Playen yang terdiri dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah,Subkoordinator TU, dan perwakilan bidang yang lain.Sedangkan dari SMA N 2 Ungaran diikuti oleh kepala sekolah,wakil kepala sekolah bidang kurikulum,bidang kesiswaan,bidang humas,bidang sarpras dan perwakilan dari guru.

Acara dibuka dengan sambutan dari Kepala SMA N 2 Ungaran, Bapak Muhammad Sahli S.Pd., M.M., kemudian dilanjut oleh Ibu Tumisih S.Pd., M.Pd. Pada sambutannya beliau menyampaikan ucapan terima kasih telah diberi kesempatan untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan dengan SMA N 2 Ungaran.

Kegiatan dilanjut dengan sambutan dari Kepala SMA N 2 Playen, Ibu Tumisih S.Pd., M.Pd. “Kedatangan kami disini akan belajar terkait dengan pembelajaran berdiferensiasi, asesmen,maupun manajemen kesiswaan. Terima kasih sudah diterima secara baik.” Ucap beliau.

Selama kunjungan, rombongan dari SMA N 2 Playen Yogyakarta mendapatkan kesempatan untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan serta melakukan sesi tanya jawab terkait kegiatan sekolah, pembelajaran berdiferensiasi,asesmen, dan manajemen kesiswaan.

Menanggapi hal ini, Bapak Fajar Arif Setyawan memaparkan tentang pembelajaran berdiferensiasi dan asesmen di SMA N 2 Ungaran. Disampaikan bahwa SMA N 2 Ungaran sudah memiliki komunitas belajar dan asesmen ini berfungsi sebagai hubungan timbal balik antara guru dengan siswa. Siswa yang capaian belajarnya belum tercapai maka akan diberi bimbingan oleh guru mata pelajaran yang belum tercapai. Dalam pembelajaran intra, para guru juga menguatkan profil pelajar pancasila.

Dilanjut dengan pemaparan manajemen kesiswaan oleh Bapak Mashudi S.Ag., M.Pd.,beliau menyampaikan tentang program kurikulum yang mengedepankan masalah ketertiban dan ekstrakurikuler. Pengelolaan ketertiban di SMA N 2 Ungaran menggunakan kesepakatan dalam ketertiban, seperti ketertiban dalam berkendara, berpakaian, dll. Hal ini didukung dengan penguatan profil pelajar Pancasila dan kegiatan lain, seperti menghadiri forum ilmiah, bakti sosial dan pengabdian masyarakat, pembebasan dan pembentukan karakter, dan mengikuti kompetisi atau kejuaraan tingkat daerah hingga nasional.

Dengan adanya kunjungan studi tiru ke SMA N 2 Ungaran diharapkan dapat mempererat tali silaturahmi, sekaligus membuka kesempatan dan wawasan baru bagi banyak kalangan.

“Kami hadir di sini untuk belajar terkait keunggulan sekolah dan yang sudah kami sebutkan tadi. Semoga ini membuka kesempatan dan wawasan kita untuk belajar lebih jauh.” ungkap Ibu Tumisih.

 

Penulis : Salsa dan Jihan (Tim Jurnalistik SMADA)

Editor  : Tim Publikasi

One Response so far.

  1. Joko pri berkata:

    Semoga bermanfaat berkah bagi kedua keluarga besar dua sekolah sma negeri 2 ungaran maupun sma negeri 2 Playen Yogyakarta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.