Wasana Warsa SMA Negeri 2 Ungaran Tahun 2021

Wasana warsa dalam konteks pendidikan sering diartikan secara umum sebagai acara perpisahan yang biasanya dilakukan saat tahun ajaran telah selesai. Wasana warsa merupakan akhir dan selesainya tahun pelajaranyang biasanya disertai dengan sejumlah acara, baik itu perpisahan maupun acara kelulusan para siswa. Wasana warsa sebenarnya inti dari akhir setiap kelulusan para siswa di sekolah. Begitu bermaknanya dan berartinya moment wasana warsa ini bagi para siswa ketika dilakukan secara tatap muka. Namun, mengingat adanya kebijakan pemerintah untuk tidak mengadakan acara yang bersifat “mengumpulkan massa”, maka acara kali ini akan dilaksanakan secara virtual atau online. Adanya pandemi wabah Covid-19  tentunya memberikan dampak perubahan dalam segala kegiatan, salah satunya pada bidang pendidikan.

Sebanyak 417 peserta didik kelas XII dengan perincian 7 kelas program MIPA, 4 kelas program IPS, dan 1 kelas program Bahasa dinyatakan LULUS. Dari 316 peserta didik, 49 peserta didik telah berhasil lolos perguruan tinggi, dengan rincian melalui jalur SNMPTN sebanyak 31, jalur SPAN-PTKIN sebanyak 16, dan jalur SPA sebanyak 2 peserta didik. Kemudian, sejumlah 203 peserta didik mengikuti UTBK dan menunggu hasil seleksi perguruan tinggi. Selain itu, ada beberapa yang mengikuti seleksi di akademi kepolisian, akademi militer, dan akademi angkatan udara (Dra. Hj.Winggar Reniwati, M.Si.).

Wasana warsa dilakukan sehari setelah ditetapkannya pengumuman kelulusan para siswa SMA Negeri 2 Ungaran pada hari Selasa, 4 Mei 2021 pukul 10.00 WIB secara virtual atau online melalui channel Youtube SMA Negeri 2 Ungaran. Kegiatan ini disaksikan oleh seluruh siswa-siswi kelas XII, bapak ibu guru dan karyawan SMA Negeri 2 Ungaran. Kegiatan wasana warsa secara online dipandu oleh pembawa acara Ibu Ova Erliana W., S.Pd. dan Bapak Yerry S.E. Dompas, S.Pd.

Wasana warsa dibuka dengan pembacaan tilawatil qur’an oleh Shava Annisa Pawiro. Selanjutnya, menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan Mars SMA Negeri 2 Ungaran. Kegiatan tersebut di awali sambutan ketua panitia wasana warsa Ibu Eny Sofiana, SS., M.Si. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari kepala sekolah SMA Negeri 2 Ungaran Bapak Subroto, S.Pd.,M.Pd. Dalam kesempatannya tersebut beliau menyampaikan rasa syukur bahwa seluruh peserta didik telah dinyatakan lulus dari SMA Negeri 2 Ungaran. Bapak kepala sekolah juga menyampaikan selamat atas selesainya menempuh pembelajaran di SMA Negeri 2 Ungaran selama 3 tahun dengan baik. Beliau juga berpesan bahwa setelah menjadi alumni SMA Negeri 2 Ungaran menjadi manusia yang berkarakter, sopan santun, menghargai orang tua, selalu berbuat baik dimanapun berada, dan menjaga nama almamater SMA Negeri 2 Ungaran. Selain itu permohonan maaf yang sebesar-besarnya beliau sampaikan pula jika banyak kekurangan dalam hal pelayanan kepada peserta didik.

Setelah sambutan bapak kepala sekolah, dilanjutkan dengan sambutan dari ketua komite Bapak Soemarno, S.E. Beliau menyampaikan ucapan selamat kepada peserta didik SMA Negeri 2 Ungaran yang telah dinyatakan lulus. Selain itu, beliau juga berpesan bahwa ilmu yang telah didapatkan harus diamalkan, diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat, menjadi pribadi yang baik, menjaga nama baik diri sendiri, orangtua, dan almamater SMA Negeri 2 Ungaran. Ucapan terimakasih tak lupa beliau sampaikan pula kepada bapak ibu guru dan karyawan, berkat didikan dan ilmu yang diberikan maka peserta didik SMA Negeri 2 Ungaran menjadi semakin matang, baik dalam ilmu dan perilakunya. Permohonan maaf disampaikan beliau selaku wali siswa jika selama menjalani pendidikan 3 tahun terdapat perilaku, perkataan maupun perbuatan yang kurang berkenan pada bapak ibu guru dan karyawan SMA Negeri 2 Ungaran.

Selanjutnya acara inti dari wasana warsa yaitu penyerahan siswa kelas XII dari pihak sekolah kepada orang tua siswa. Pihak sekolah diwakili oleh Bapak Subroto, S.Pd.,M.Pd. dan pihak orangtua siswa diwaliki oleh Bapak Soemarso, S.E. mewakili ketua komite sekolah. Perwakilan dari siswa kelas XII diwakili oleh Muhammad Falah Adli kelas XII MPA 7 dan Afifah Astried Dwi Lestari kelas XII IPS 2.

Acara dilanjutkan dengan penyampaian kesan dan pesan Ketua OSIS periode 2019/ 2020 selaku perwakilan peserta didik kelas XII oleh Afifah Astried Dwi Lestari. Astried menyampaikan ucapan terimakasih kepada bapak ibu guru atas ilmu yang telah diberikan selama berada di SMA Negeri 2 Ungaran. Permohonan maaf  yang sebesar-besarnya juga disampaikan kepada bapak ibu guru, karyawan dan adik-adik SMA Negeri 2 Ungaran mewakili peserta didik kelas XII. Kemudian penyampaian kesan dan pesan oleh Ketua OSIS periode 2020/ 2021 selaku perwakilan peserta didik kelas X dan kelas XI oleh Heidia Brahmastya Raya. Heidia menyampaikan selamat atas kelulusan kakak-kakak kelas XII dan berpesan  bahwa teruslah melangkah, jangan patah semangat, dan jangan pernah untuk takut gagal.

Informasi hasil kelulusan disampaikan oleh Waka Kurikulum Ibu Binawati, S.Pd.,M.Si mengenai prestasi hasil nilai sekolah terbaik lulusan tahun pelajaran 2020/2021 berdasarkan program. Program Bahasa dan Budaya, peringkat 1 diraih oleh Ika Puji Lestari. Program MIPA, peringkat 1 diraih oleh Swetenia Desanda N.S kelas XII MIPA 1, peringkat 2 diraih oleh Yumna Sofina Dewanti kelas XII MIPA 5, dan peringkat 3 diraih oleh Nabila Marshanda Putri kelas XII MIPA 4. Program IPS, peringkat 1 diraih oleh Arbain Nasywa Arbania kelas XII IPS 4, dan peringkat 2 diraih oleh Amelia Elita Tondok kelas XII IPS 1.

Sebelum melanjutkan acara pada bagian akhir dari kegiatan wasana warsa kelas XII, tak lupa wali kelas program MIPA, IPS, Bahasa dan Budaya menyampaikan pesan dan kesannya. Beliau berpesan untuk selalu menjaga nama baik almamater SMA Negeri 2 Ungaran, harus mau belajar dimanapun berada agar dapat bersaing dengan orang lain, menjadi pribadi yang saling menghormati antar sesama, tidak lelah untuk berkarya, tetap selalu bersyukur, menjadi pibadi yang lebih baik dan bermanfaat bagi masyarakat.

Sebagai wujud ucapan rasa terimakasih kepada bapak ibu guru yang telah mendidik dan membimbing selama menjalani pendidikan 3 tahun di SMA Negeri 2 Ungaran, salah satu perwakilan siswa kelas XII bernama Oktavina Adi Saputri membacakan puisi berjudul “Pesan untuk Guruku” karya Lisa Andhian Widhia Sari. Kemudian, untuk membalas pesan yang disampaikan siswa, Ibu Ova Erliana W., S.Pd. dan Bapak Yerry S.E. Dompas, S.Pd. juga membacakan puisi yang berjudul “Kepada Muridku”. Beliau menyampaikan teruslah bangkit dan semangat untuk meraih cita-cita setinggi langit. Teruslah mencapai kesuksesan yang kelak akan membuat kebanggaan bagi orang tua dan bapak ibu guru. Rangkaian acara ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Bapak Mashudi, S.Ag.,M.Pd., agar lulusan SMA Negeri 2 Ungaran menjadi lulusan yang bermanfaat dan bermutu sesuai dengan Visi SMA Negeri 2 Ungaran “Mewujudkan warga sekolah yang bertaqwa, berbudaya, berprestasi, terampil dan berwawasan lingkungan”.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *